Jumat, 14 Juni 2013

Strategi Bisnis yang Praktis dan Efektif


Kategori : Business 
Author    : Puat Zen

Pointmakerplus – Sebuah saran “Lebih baik anda berbisnis dan menjadi mandiri ketimbang bekerja di bawah pimpinan orang lain”, begitu kira-kira inti pesan yang ingin disampaikan Robert T. Kiyosaki, penulis buku “Rich Dad Poor Dad” dan banyak buku best seller lainnya. Ide-ide demikian kian bergulir dan menjadi Populer ditengah masyarakat, karena memberi motivasi untuk menjadi Produsen, bukan seorang Konsumen.

Jika ingini sukses berbisnis dan berkelanjutan tentu kita perlu mempersiapkan peralatan tempur yang kita perlukan untuk menghadapi sekaligus meredam tantangan yang akan menghantam dan mendera bisnis kita.

Beberapa Kiat dibawah ini mungkin dapat diterapkan dalam mengembangkan bisnis anda, strategi bisnis ini diracik oleh Adiwarman Karim, konsultan bisni dari Karim Business Consulting, diantarnya adalah sebagai berikut:

 1)  Mulai Dari Sekarang:
  • Kemauan adalah modal pertama, hilangkan mental blocking. Takut rugi dan gagal dalam berusaha adalah kegagalan itu sendiri, ini merupakan hambatan terbesar dalam memulai usaha.
  • Kuasai Pasar. Anda harus tahu dimana membeli barang dengan harga murah dan bisa dibayar tunda, serta tahu kemana harus menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal tapi secara tunai. 
  • Produksi sendiri. Untuk memperbesar profit margin, produksilah sendiri barang yang tidak bias dipenuhi oleh pemasok. Dengan cara ini ketersediaan barang lebih terjamin dan tentunya memperbesar laba anda. 
  • Kelola Organisasi perusahaan anda dengan efektif dan efisien. Buatlah aturan yang jelas tentang Hak dan Kewajiban serta pembagian kerja yang tegas diantara pekerja. 
  • Modal. Ajak dan yakinkan pemodal lain untuk ikut begabung dalam sektor bisnis yang anda jalani. 
2)  Dumping:
  • Predatory Pricing. Menghadapi banting harga ketika pebandingan permintaan terhadap barang kurang bukan solusi yang baik, tetaplah bertahan dengan harga semula, jika bermaksud menurunkan harga kalkulasikan dengan tepat dan bijak.
  • Dumping. Bila menghadapi Kondisi dimana Demand lebih besar dari Supply anda tidak perlu menaikkan harga sedemikian drastis, tetapi berlakulah dengan harga di garis toleransi daya beli masyarakat, ini akan membangun citra dan hubungan psikologis dengan konsumen, dalam jangka panjang anda akan merasakan mamfaat yang besar dan nyata. 


3) Standard: 
  • Sortasi. Pisahkan antara barang yang baik dengan barang yang cacat atau mengandung kerusakan-kerusakan kecil. Ini untuk menjaga Standard Kualitas barang yang keluar dari Perusahaan atau Toko anda sebagai bentuk build branding usaha anda. 
  • Price. Bedakan harga barang sejenis antara yang bagus dan yang rusak, tetapkan profit margin yang lebih tinggi terhadap barang yan bagus. Dan sesuaikan harga untuk barang yang rusak dengan harga dasar atau berdasarkan harga negosiasi, dengan catatan kerusakan tersebut diketahui oleh calaon pembeli. 


4) Market Share: 
  • Volume. Utamakan menjual barang dengan volume penjualan yang besar meskipun profit margin dari per satuan barang kecil. 
  • Promo. Korbankan sedikit dari keuntungan yang anda peroleh untuk memberi kepuasan kepada pembeli misalnya dengan melebihkan timbangan atau harga special untuk pelanggan setia, sebagai strategi menggaet pangsa pasar yang lebih besar. 


5) Loyalitas: 
  • Ciptakan Loyalitas Pelanggan. Tanamkan kepercayaan konsumen dengan selalu berlaku jujur dan terbuka serta tepat janji. 
  • Bangun Loyalita Karyawan. Bangun loyalitas karyawan anda agar usaha anda dapat terus exist dengan cara: Penuhi Hak-hak mereka tepat waktu, Perlakukan mereka dengan baik, Bijaksana dalam memberi tugas. 


6) Keuangan: 
  • Prioritas nomor satu adalah membayar kewajiban kepada pihak ketiga (Karyawan dan Kreditur) dari pada membeli barang atau menambah modal. 
  • Bayarlah terlebih dahulu utang jangka pendek, baru melunasi pinjaman jangka panjang. 


7) Investasi: 
  • Modal sendiri dalam melakukan investasi adalah pilihan terbaik, walau tidak menutup kemungkinan pinjaman dari pihak ketiga, dengan syarat ketentuan bagi hasil atau angsuran yang dibayar berada dalam Batas Kelayakan yang dapat ditoleransi oleh Laba dari usaha anda. 
  • Sumber Daya yang mengangur dapat anda olah agar lebih produktif, dengan cara olah sendiri atau merge dengan pihak lain. 


Demikian beberapa advis yang perlu untuk kita ketahui dan terapkan dalam upaya memajukan usaha kita. Mungkin saudara mengetauhi teknik atau tips yang lebih baik, dengan kombinasi secara tepat tentu akan lebih memiliki bobot dan mutu yang pada giliranya akan mendongkrak kemajuan dan laba dari usaha kita.

Kami Pointmakerplus adalah Organisasi Komunitas yang konsisten meneliti serta mengembangkan suatu teknik atau cara yang efektif dalam mengembangkan usaha dari anggota komunitas, belandaskan Komunitas yang tersebar di banyak wilayah kami memiliki koneksi yang luas dan ini merupakan suatu kesempatan bagi rekanan dari pihak pemilik usaha untuk bergabung bersama, kami akan memberi halaman iklan gratis yang dapat saudara update setiap saat sesuai rencana dan tema dari usaha anda. semoga kerjasama  ini dapat membantu mengembangkan usaha anda menjadi lebih baik  […]  wassalam by @dmin.

Copyright © 2012 - 2013 All Rights Reserved. by www.pointmakerplus.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar