Kamis, 06 Juni 2013

Optimalisasi Blog Untuk Real Bisnis

Part I


Jika Orientasi Anda membuat blog adalah untuk tujuan Bisnis Online atau suatu Cara mendapat Uang dari internet semacam Referral Link atau dengan basis Iklan  Pay per Click (PPC) seperti Google AdSense, YPN dan Chitika, saya katakan Anda datang ketempat yang tepat, dibawah ini Tips dan Triks Optimalisai Blog atau Web Untuk Bisnis  part I yang perlu kita ketahui,yaitu :

1. Membuat sebuah Blog yang baik :

Pada dasarnya sebuah Blog  tidak jauh berbeda dengan situs web karena karakteristik   website dengan weblog boleh dibilang hampir sama, begitu pula dengan faktor-faktor yang membuat sebuah blog atau site menjadi lebih baik , diantaranya adalah :

a. Kecepatan - Kecepatan Loading dari blog kita menjadi penentu awal keberhasilan kita memperoleh pengunjung, karena beberapa survei menyatakan bahwa rata-rata pengunjung hanya memiliki waktu sekitar 10-30 detik saja untuk menunggu, jika load terlalu lama hilanglah kesempatan kita  menarik perhatian pengunjung untuk melanjutkan membaca. Untuk itu kurangi jumlah Gambar dan Animasi atau  Compress terlebih dahulu menjadi file yang lebih kecil. Ini dimaksudkan agar waktu loading halaman web kita tidak terlalu lama. Slogan: Jangan Biarkan Pelanggan Menunggu mesti Anda terapkan semaksimal mungkin.

b. Desain Layout - Seperti yang Anda tahu pandangan pertama begitu memberi pengaruh yang dalam dihati dan pikiran, Anda boleh mengatakan jangan menilai orang dari bentuk luarnya, tetapi di dunia cyber pendapat demikian tidak berlaku. Pengunjung akan menilai Anda Bonafide atau tidak dari penampilan web Anda. Usahakan Desain yang simpel namun elegan, tulislah postingan yang menarik dan pilihan warna huruf yang nyaman dibaca, dan jangan lupa lampirkan foto terbaik yang kita miliki. Hal ini untuk menanamkan imej di pikiran pembaca bahwa web ini dibuat oleh seorang yang bertanggung jawab.

c. Fokus - Buatlah web dengan fokus pada salah satu bidang berdasarkan segment pasar yang menjadi target Anda, Asah kemampuan Anda hingga mencapai taraf seorang yang ahli dibidang tersebut. Pembaca akan sering mengunjungi web Anda karena menaruh harapan akan menemukan sesuatu yang baru sesuai dengan keinginan mereka. Jika isi web Anda campur aduk ,mereka akan menganggap Anda tidak Capable dibidang yang mereka cari.

d. Keyword - Keyword adalah penting untuk meningkatkan  harapan kemunculan web Anda dimesin pencari. Ini terkait dengan pengertian keyword yaitu kata kunci pencarian oleh mesin pencari, yang sangat dioptimasi oleh orang yang menguasai Tehnik SEO (Search Engine Optimized), rencanakan keyword Anda sesuai dengan artikel yang akan diposting, pilih yang banyak dibicarakan atau dicari orang semisal: Bisnis Online atau Cara mendapat Uang dari internet atau Tutorial Bisnis di Internet. Pasang keyword tersebut diawal dan pertengahan serta akhir dari artikel kita.

e. Kredibilitas - Jujur dalam menulis serta memahami apa yang kita tulis akan meningkatkan kepercayaan pengunjung, mereka akan bolak-balik mengunjungi blog atau web kita dengan sukarela, karena menilai Kredibilitas  Anda merupakan sebuah jaminan. Jadi jangan pernah merusak kepercayaan tersebut. Sekali Anda merusakkannya selamanya mereka tidak pernah percaya lagi. Ini perlu dicamkan baik-baik.

2. Usahakan Memiliki Domain sendiri :

Saat ini penyedia layanan blog atau web sangatlah banyak,  dari yang Gratis hingga yang Berbayar, dari yang tinggal ketak-ketik lansung jadi sampai yang diribetkan urusan Setup dan Upload lumayan rumit. Layanan blog atau web yang Gratis biasanya telah menyediakan Web Template yang sedikit susah dikostum dan kita terikat dengan aturan yang mereka tetapkan, lebih baik jika Anda memilih layanan blog yang berdiri sendiri seperti WordPress.org, Movable Type, PMachine, Greymatter, B2Evolution, TextPattern, Expression Engine atau yang lainnya. Apa kelebihan dan Kekurangan dari Pilihan Penyedia blog atau web yang Anda rencanakan, beberapa diantaranya kita bicarakan dibawah ini, kita mulai dengan yang pertam yaitu:

A. Keuntungan :

1. Full Kontrol - Kontrol penuh terhadap Desain dan hasil akhir ditentukan oleh kemampuan Anda sendiri dalam mendesain layout web Anda, saya kurang mahir dalam hal ini sehingga menjatuhkan pilihan seperti yang Anda tahu dan lihat sekarang. Jika Anda termasuk orang seperti saya tentu Anda butuh bantuan orang lain yang ahli dibidang Desain Web atau Anda dapat memakai Desain yang sudah disediakan oleh orang lain apakah itu berbayar atau mungkin Gratis, diinternet hal demikian adalah lumrah dan bias dimaklumi.

2. Adaptabilitas - Di Dunia Cyber ada banyak Komunitas Pengembang yang memproduksi berbagai features dan plugins untuk web. Dengan blog yang mandiri artinya Anda membeli Domain sendiri, Anda bisa memasang hampir semua yang Anda mau untuk blog Anda.

3. Unique URL - Memiliki Domain sendiri adalah sebuah keuntungan ditinjau dari alasan:Nama yang Special Mudah diingat, terdengar lebih Professional dan Cara mempercepat dalam membentuk Brand Anda. Hal seperti ini hampir tidak mungkin didapat lewat blog Gratisan, semisal blogger.com, karena sangat besar kemungkinan nama yang Anda rencanakan sudah digunakan oleh orang lain.

B. Kekurangan :

1. Proses Set up yang Rumit - Membangun blog atau web yang mandiri akan menuntut pengetahuan lebih, jika Anda termasuk kurang mengerti  Anda bisa saja  memakai jasa orang lain tetapi ini juga mungkin tidak gratis. Proses Setup web mandiri lumayan rumit terkait dengan data base, security dan lainnya, Anda punya banyak pekerjaan seperti men-download ke Komputer Anda dan kemudian meng-upload lewat ftp ke server web hosting Anda.

2. Biaya - Sepanjang umur blog atau web Anda ada Biaya selanjutnya, seperti biaya registrasi, domain yang dibayar tahunan dan biaya hosting yang juga tahunan. Ini ditambah biaya-biaya mahal lagi selain itu seperti ketika blog atau web Anda  populer traffic lalu-lintas data dari dan ke blog atau web Anda akan meningkat (sesuai dengan harapan) tentunya, maka Anda butuh tambahan kapasitas situs dan mungkin bandwith, ini berarti tambahan biaya pula.

3. Update - Kebanyakan layanan blog atau web berubah versi waktu demi waktu, memperbaharui dari satu ke yang lainnya bisa menjadi rumit jika Anda tidak memiliki kemampuan teknis yang memadai, menggunakan tenaga orang lain bukan pilihan yang bijak apabila materi merupakan pertimbangan khusus yang Anda diprioritaskan. Akan tetapi semua keputusan ada ditangan Anda sendiri
.
Jenis layanan blog atau web seperti apa yang Anda pilih, pada dasarnya tergantung kepada  target Bisnis dan segment pasar yang Anda bidik serta kemampuan teknis dan materi yang Anda siapkan. Jika Professionalitas dan Adaptabilitas menjadi kata kunci sukses dari Bisnis Online Anda atau merupakan pertimbangan kuat Anda dari Cara mencari Uang di Internet yang dijalani tidak ada salahnya terlebih dahulu untuk mencoba. Karena ada pepatah mengatakan Kalah bisa karena Biasa Setuju…? Selamat Berjuang..! Silahkan Komentar dengan sopan..! Terima kasih. wassalam[…] by @dmin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar