Senin, 10 Juni 2013

Optimalisasi Content Blog Untuk Bisnis


Memilih Nama dan Judul Artikel
Kategori : Internet 
Author    : Puat Zen

Part 2
Pointmakerplus – Untuk Optimalisasi blog, guna mendukung kegiatan Bisnis Real ataupun Bisnis Online di internet yang dijalankan, terlepas apakah Referral Link, periklanan System Pay Per Click (PPC) atau Paid Per Download (PPD) bisa daftar disini dan lain sebagainya, ada beberapa hal yang perlu kita tahu dan optimalkan, ini demi keberhasilan dan kelangsungan hidup dari blog kita. Seperti memilih nama blog yang bagus, artikel yang sesuai dengan target sasaran  serta judul yang menarik.


Memilih nama untuk blog atau web untuk kegiatan Bisnis di Internet sama seperti memilih nama untuk seorang bayi, ada beberapa faktor yng perlu diperhatikan seperti;  Arti dari nama tersebut, jika orang mendengar nama tersebut apa yang timbul dipikiran mereka, dan apakah nama itu gampang diucapkan dan mudah diingat dan banyak pertimbangan lain yang patut kita perhatikan.
Apa yang akhirnya menjadi keputusan kita merupakan suatu keputusan yang akan memberi pengaruh kepada si bayi, baik secara lansung maupun tidak. Begitu pula halnya dengan memilih nama untuk sebuah blog atau web. Apakah nama tersebut memiliki keterkaitan atau kedekatan dengan tema yang kita usung, seberapa popular kata tersebut dalam pembicaraan atau cara berbisnis di internet, apalagi jika orientasi kita adalah untuk mendapatkan uang dari internet. Semua itu akan berpengaruh terhadap traffic pengunjung dan umur dari blog tersebut.
Mungkin beberapa orang menolak teori ini, akan tetapi jujur saja, sedikit banyak hal tersebut memberi dampak bagi kelangsungan blog atau web kita kedepannya. Satu contoh sederhana, apa yang terpikir oleh kita jika mendengar nama sebuah blog missal  blackdevil.com atau neneklampir.blogspot.com atau jomblobaru.net dan lain sebagainya.
Sama seperti saudara, saya juga akan menganggap itu blog mengandung hal-hal atau menyimpan sesuatu yang membuat kita berpikir dua kali untuk mengunjunginya, benar gak…?.


Faktor Penting dalam Memilih Nama sebuah Blog
Memiliki nama yang mandiri dan unik akan memberi beberapa keuntungan ditinjau dari segi Bisnis Marketing (seperti Internet Marketing atau Sales Marketing) karena akan menimbulkan kesan Professional. Begitu pula apabila nama tersebut mudah diingat serta enak didengar, bukan tidak mungkin pengunjung akan sering datang dan terus datang mengunjungi blog kita. Dan ini biasanya berdampak positif bagi rangking  blog kita di search engine.
Di antara beberapa factor tersebut dapat di bagi dalam  kategori tertentu antara lain:
1. Orientasi –  Tujuan kita membuat blog, adalah patokan utama dalam memilih nama blog, jika tujuan kita adalah Profesional dalam arti untuk mendukung Bisnis baik Real atau Virtual maka sebisa mungkin nama blog harus bersifat Professional  pula. Berbeda dengan blog yang dibuat sekedar untuk iseng mengisi waktu luang, pemilihan nama tidaklah menjadi pertimbangan utama.
Anda tentu akan menganggap sebuah blog atau web dengan nama semissal sysdevtools.com sebuah site yang serius dibidang tertentu, dan akan menganggap iseng sebuah situs dengan nama seperti kutuloncat.com atau lainnya.
2. Topik - Beri gambaran sebaik dan secepat mungkin kepada pengunjung atau pemirsa blog anda melalui nama dari situs anda, melalui nama yang menggambarkan  ide dan tema  atau kegiatan  situs tersebut akan memberi Stimulus yang kuat di pikiran dan ingatan para pengunjung situs kita. Gunakan nama yang mengandung nuansa dari topic atau tema yang diusung, jika anda membicarakan kesehatan pilihlah nama yang berkaitan dengan kesehatan seperti infosehat.com dan lain sebagainya.
3. Image - Apa harapan anda untuk jangka panjang ? membangun citra diri atau usaha anda, sekedar memenuhi Hobby atau ingin mendapat banyak iklan ? ini pertanyaan yang harus anda resapi karena akan sangat menentukan isi atau Content yang akan anda poskan. Jika anda berharap banyak dari blog anda, kewajiban yang pertama adalah harus selektif dalam menulis postingan, lakukan riset pustaka dan lapangan semaksimal yang anda bisa lakukan. Jika maksud hanya iseng semuanya terserah anda saja.
4. Length – Panjang Nama juga ikut menentukan exist atau tidak blog anda, hindari memberi nama yang terlalu panjang karena ini agak sulit untuk diingat. Pilihlah nama yang singkat dan gampang diingat serta menggambarkan tujuan atau kegiatan yang disupport blog anda.
5. Segment – Orang yang termasuk kategori apa yang menjadi target pemirsa blog anda merupakan factorial penting dalam memilih nama, judul dan Isi atau Content dari blog anda. Jika menyasar anak muda maka gunakan bahasa gaulnya mereka. Tetapi jika target anda adalah Orang Kantoran atau Bisnisman tentu anda harus memahami bahasa dan istilah yang sering mereka gunakan, keteraturan bahasa menjadi sangat penting, Citra anda dipertaruhkan disitu.
Judul Artikel yang Efektif
Untuk menjatuhkan pilihan halaman yang akan dibuka pengunjung sebuah blog atau web jarang membaca tulisan kita secara utuh, mereka memperhatikan secara sekilas untuk mengetahui apa isi dari halaman blog tersebut, terlebih lagi bila pengunjung melakukan pencarian lewat google Search. Usahakan isi atau kesimpulan dari tulisan anda tergambarkan dalam beberapa baris pertama dari tulisan yang ditampilkan dalam daftar list pencarian.
Beberapa Tips dan Trics untuk meningkatkan rangking situs anda di Google Search yang dapat kita terapkan antara lain iyalah:
1. Font Type  - Di Dunia Internet Type huruf seperti Bold (Contoh Huruf Bold) atau Italic (Contoh tulisan miring) dan Underline (Contoh Kalimat Underline) akan membantu mesin pencari untuk menelusuri dan menemukan situs anda. Disamping itu akan member penekana makna kepada pembaca tentang apa yang anda bicarakan. Ini membantu menanamkan ingatan didalam memory pemirsa blog kita.
2. To the Point – Seperti telah disinggung diatas, jangan biarkan pembaca tulisan kita membaca tulisan yang bertele-tele karena hal itu membosankan dan tidak menyenagkan bagi mereka, pastikan mereka sudah mendapat idea atau tema tulisan anda da awal-awal kalimat, dengan kata lain sesegera mungkin titik.
3. Pictures – Sertakan sebuah atau beberapa Gambar yang menarik perhatian pemirsa serta  mewakili tema tulisan anda, hindari menyertakan gambar yang tidak memiliki releveansi dengan tema tulisan. Perlu juga diperhatikan untuk tidak berlebihan menggunakan gambar karena akan memperlambat waktu loadpage, pengunjung bia saja meninggalkan blog anda karena kelamaan menunggu.
4. Break – Buat jeda dalam tulisan anda pada setiap paragraf. Tujuannya agar pembaca tidak merasa dijejali dan tertekan ketika membaca tulisan kita yang bertumpuk dan terlihat berat. Jadikan setiap antara paragraph sebagai waktu Break atau istirahat untuk meresapi apa yang barusan mereka baca. Sehingga mereka akan semakin tertarik untuk melanjautkan membaca tulisan kita hingga selesai.
5. Short – Jangan pernah memaksa untuk menuliskan ide anda dalam satu paket utuh yang panjang lebar sekaligus, tetapi bagilah kedalam beberapa paragraf sehingga akan lebih nyaman dibaca dan lebih mudah dipahami.
6. List – Untuk memudahkan pembaca menemukan apa yang mereka cari, ada baiknya kita membuat daftar atau list sebagai cara memberi Label terhadap tulisan kita. Setiap label mewakili tulisan-tulisan terkait dari jenis yang sama sehingga jika mereka tertarik mereka bias  mengklik label tersebut.
Demikian beberapa tips sederhana dari kami mudah-mudahan bermamfaat bagi saudara semua mohon maaf jika menurut saudara penjelasannya kurang detail. Bagi saudara yang selama ini mungkin pengen dapat uang dari Internet dapat  mengikuti suatu mendaftar disini  Terima kasih telah berkunjung. Silahkan Komentar dengan Sopan dan Membangun. […]
                                                                                                                           Wassalam by@dmin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar